Selasa, 14 Juni 2011

mutasi BAHAN MID

1. Bagaimana mutasi dapat menjelaskan evolusi ?
Jawaban :
 Konsep mutasi memberikan konstribusi berdasarkan letak dan sifatnya. Berdasarkan letak dibedakan menjadi mutasi germinal dan somatik, sedangkan berdasarkan sifatnya dibedakan menjadi mutasi kecil dan mutasi besar. Ada yang berubah dalam gen, karena adanya mutasi, perubahan susunan gen, ada yang spontan, resesif, dominan, mutasi ini terjadi pada mutasi germinal, mutasi yang bersifat kecil,resesif, karena jika besaran akan letal, akan memberikan kontribusi pada evolusi, jika perubahan besar sebelum evolusi akan letal (mati)
2. Jelaskan mengapa reproduksi Vegetatif bukan termasuk penyebab mutasi ?
Jawaban :
 Karena bahan dasar dari evolusi untuk reproduk vegetatif adalah berasal dari sel germinal sedangkan pada mutasi somatik tidak terjadi mutasi.
3. Penyebab mutasi di alam ?
Jawaban :
 Ex : burung Phynk (pipit),di kepulauan Galavagos, ada yg berbatuan, pepohonan, dll, pada burung hanya satu jenis yang datang pertama kali kesana, sumber makanan banyak, sehingga kel lain tidak akan ikut kesana, akan tetapi mencari tempat lainnya, makanan yg mereka makan adalah dari kel mulusca yang banyak mengandung kalsium, bentukkan kalsium yg ada pada burung pink akan mengalami mutasi yaitu pada paruh, jadi ketika makan terus menerus, bagian lain akan masuk ke gen germinal, ovarium dan testis, dan seterusnya, jika awalnya paruh pendek, jika bertambahnya kalsium maka akan mengakibatkan peruh memanjang dan menumpuk di paruh, akan tetapi hal ini perubahannya sangat panjang.
4. Sebutkan 3 mutagen yang memberikan kontribusi pada konsep evolusi!
Jawaban :
a. Sumber makanan (nutrien) yang berbeda akan mengakibatkan mutagen. Contohnya burung pipit memakan mullusca dengan jenis cangkang yang banyak mengandung kalsium. Penambahan kalsium diteruskan kebagian germinal yang nantinya kan menurun keturunanya. Hal ini merupakan salah satu penyebab bertambah panjang paruh pada burung pipit tersebut.
b. Radioaktif/radiasi pada batu-batuan, radiasi yang terjadi sangat mempengarui sel gematis, sehingga terjadi perubahan. Radiasi terjadi karena penyinaran selain itu kebiasaan burung pipit memakan kerikil yang mengandung radiasi. Radiasi tejadi pada germinal dan diwariskan.
c. Metabolisme sekunder, secara kimiawi, organ genetal yang berubah, sehingga mengakibatkan adanya individu baru
5. Manusia mengalami evolusi terlama, mengapa berjalan sangat lambat dari organisme yang lain ( perubahannya sangat kecil)?
Jawaban :
 Karena manusia tergolong kedalam tingkat tinggi , mempunyai mutagen yang paling kompleks, sedangkan oragisme lain merupakan organisme rendah sehingga perubahan DNA dalam tubuh manusia harus sesuai atau sedetail mungkin. Jadi jika ada sel, jaringan, maupun organ yang hilang, terganti akan berakibat fatal, dan perubahan dalam DNA harus kecil , karena jika besar akan letal, ex : sel darah putih yang kurang akan mengakibatkan leukimia, benag fibrin sedikit akan mengakibatkan letal, sehingga perubahan harus selektif dan harus sedikit, sel bersel satu walaupun 50 % karena membelah diri, sehingga dapat berubah dengan cepat, perubahan DNA nya juga cepat.







SELEKSI ALAM
1. Bagaimana proses mahkluk pertama yang muncul ke bumi?
Jawab :
Air (H2O) merupakan zat kimia pertama yang ada dibumi, air jatuh kebumi dengan membawa atom. CHNOP sangat cepat bereaksi yang nantinya akan membentuk protein atau asam amino sebagai bahan dasar organisme.
2. Sejauh mana seleksi alam berpengaruh terhadap evolusi?
Jawab :
Bagi organisme yang survive dia akan terus berkembang, bereproduksi, yang disesuaikan dengan seleksi alam.
3. Apakah alam memilih mahkluk-mahkluk mana saja yang dapat tinggal dilingkungannya dalam seleksi alam?
Jawab :
Tidak, alam hanya menyiapkan suatu perangkat kondisi terhadap organism yang mampu bertahan. ALAM TIDAK MEMILIH. Yang bertahan, dia yang akan survive, dia yang nantinya dapat berevolusi. Sedangkan yang tidak dapat survive, akan mati.
4. Pada saat perang antara Palestina dan Israel, dimana perang tersebut memperebutkan SDA, terjadi seleksi apa? Seleksi alam atau seleksi spesies?
Jawab :
Yang terjadi adalah seleksi spesies, meskipun dalam peperangan tersebut yang diperebutkan adalah sumber daya alam, akan tetapi yang berkompetisi adalah orang-orang yang melakukan perang,jadi terjadi seleksi spesies, dimana yang dapat bertahan hiduplah yang dapat menguasai sumber daya alam yang diperebutkan tersebut.
5. Hewan besar dan hewan kecil, mana yang lebih tahan terhadap seleksi?
Jawab :
Hewan kecil, dikarenakan… hewan kecil waktu bereproduksinya jauh lebih cepat ketimbang hewan besar, hasil reproduksinya (individu keturunannya) berjumlah banyak, beerbeda dengan hewan yang berukuran besar, apabila mereka bereproduksi maka jumlahnya hanya beberapa, tidak sebanyak hewan-hewan yang berukuran kecil.
6. Pada fase apa terjadi seleksi alam?
Jawab :
Ada tiga fase dalam kehidupan :
a. Fase prenatal, pada fase ini harus sudah siap menghadapi seleksi dengan berubahnya lingkungan. Misal : telur ulat yang menetas, alam sudah menyeleksi, yang menetas adalah ulat yang bisa survive di alam.
b. Fase natal,
c. Fase pausnatal,
Adaftasi :
1. Di bumi, primata bukan hanya manusia saja, tetapi ada jenis-jenis primata yang lain. Namun kenapa hanya manusia yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi di banding primata yang lain???
Jawab :
Pada dasarnya manusia memiliki 1027 atom, sedangkan bangsa sinpanse 1026, orang utan 1025 dan kelompok lainya hanya memiliki atom 1024. Jumlah atom tersebut lah yang mempengaruhi tingkat kecerdasan suatu primata. Semakin tinggi tingkat atom tersebut maka makin tinggi pula tingkat kecerdasan primata tersebut. Jumlah atom ini tidak dapat bertambah dan tidakdapat berkurang. Hal ini lah yang menyebabkan manusia memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibanding primata yang lain.
2. Apakah sekelompok spesies yang tinggal disuatu kawasan, kemudian kawasan tersebut mengalami kerusakan dan spesies tersebut berpindah ke tempat yang baru yang kurang sesuai dengan tempat hidupnya. Apakah spesies tersebut mampu beradaptasi dengan tempat tinggal barunya?
Jawab :
Adaptasi adalah kemampuan suatu makhluk hidup untuk bertahan hidup disuatu tempat. Jadi ketika tempat hidup yang terdahulu rusak, maka spesies tersebut akan mencari tem,pat hidup yang baru dan membiasakan diri (beradaftasi) dengan lingkungan yang baru tersebut, sehingga dia dapat bertahan hidup (survive).

Tidak ada komentar:

Welcome to my Activity

disini aq nampilin segala macam aktivitasku dan suasana hatiku baik senang, sedih, galau, gundah, gulana dll.

Total Tayangan Halaman