Rabu, 17 Februari 2010

“MODEL-MODEL PEMBELAJARAN”


“MODEL-MODEL PEMBELAJARAN”



1. NUMBERED HEAD TOGETHER
(Spencer Kagan 1992)
Langkah-langkah:
• Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor
• Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
• Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
• Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja sama mereka
• Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
• Kesimpulan

2. EXAMPLE NON EXAMPLE (GAMBAR DAPAT DARI KASUS/GAMBAR YANG RELEVAN DENGAN KD)
LANGKAH-LANGKAH
• Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
• Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan
• Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
• Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dan analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
• Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
• Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
• Kesimpulan

3. COOPERATIVE SCRIPT
DANSEREAU, 1985
Metode belajar dimana siwa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah
1). Guru membagi siswa untuk berpasangan
2). Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
3). Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4). Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin,dengan memasukkan Ide-ide pokok dalam ringkasannya.
5). Sementara pendengar : meyimak/mengoreksi/menunjukan ide-ide pokok yang kurang lengkap
6). Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
7). Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti di atas.
8). Kesimpulan siswa bersama-sama dengan guru.
9). Penutup




4. KEPALA BERNOMOR STRUKTUR (MODIFIKASI DARI NUMBER HEADS)
Langkah-langkah
a. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
b. Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkai misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
c. Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
d. Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
e. Kesimpulan

5. STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION
TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI
SLAVIN 1995
Langkah-langkah
• Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku dll)
• Guru menyajikan pelajaran
• Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggta kelompok. Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti
• Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa, Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
• Memberi evaluasi
• Kesimpulan

6. JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
Aroson, Blaney,Stephen, Sikes, and Snapp 1978
Langkah-langkah
• Siswa dikelompokkan dalam = 4 anggota tim
• Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
• Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
• Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
• Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kelompok kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
• Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
• Guru memberi evaluasi
• Penutup

7. PROBLEM BASE INSTRUCTIONAL (PBI)
Pembelajaran berdasarkan masalah
Langkah-langkah
• Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yanh dipilih
• Guru membantu siswa mendifinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut ( menetapkan topik, tugas, jadwal dll)
• Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
• Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka membagi tugas dengan temannya.
• Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.

8. ARTIKULASI
Langkah-langkah
• Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
• Guru menyampaikan materi sebagai mana biasa
• Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
• Suruhlaah seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengarkan sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
• Suruh siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
• Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum difahami siswa
• Kesimpulan/penutup
9. MIND MAPPING
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan
awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mengemukaakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa / sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
3. Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
4. Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
5. Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya
6. dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
7. Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru
8. memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru

10. MAKE A MATCH
(MENCARI PASANGAN)
Lorne Curran, 1994
Langkah-langkah :
• Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian kartu jawaban
• Setiap siswa mendapat satu buah kartu.
• Setiap siswa memikirkan jawaban/soal dan kartu yang dipegang
• Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal/jawaban)
• Setiap siswa yang dapat mencocokan kartunya sebelum batas waktunya diberi nilai/skor
• Setiap satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
• Lakukan seterusnya
• kesimpulan//penutup

11. THINK PAIR AND SHARE
(FRANK LYMAN,1985)
Langkah-langkah :
• Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin di capai
• Siswa diminta untuk berfikir tentang materi atau permasalahan yang telah disampaikan guru
• Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok = 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
• Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
• Awal dari kegiatan tersebut mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa
• Kesimpulan
• Penutup

12. DEBATE
Langkah-langkah :
• Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yang lainnya kontra
• Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok di atas
• Setelah selesai membaca materi. Guru menunjuk salah satu anggotanya dari kelompok pro untuk berbicara, saat itu di tanggapi atau dibahas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mengemukakan pendapatnya
• Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis ide-ide dari setiap pembicara dipapan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
• Guru dan siswa menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
• Dari data-data dipapan tersebut
• Guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai

13. ROLE PLAYING
Langkah-langkah:
1. Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
2. Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum kbm
3. Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
4. Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
5. Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
6. Masing-masing siswa duduk dikelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang diperagakan
7. Setelah selesai dipentaskan masing-masing diberi kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
8. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
9. Guru memberikan kesimpulan secara umum
10. Evaluasi
11. Penutup
14. GROUP INVESTIGATION
(sharan, 1992)
Langkah-langkah:
1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3. guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
5. Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
7. Evaluasi
8. Penutup
15. TALKING STIK
Langkah-langkah :
1. Guru menyiapkan sebuah tongkat
2. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada peganganya/paketnya
3. Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
4. Guru mengembil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikain seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab pertanyaan guru
5. Guru memberikan kesimpulan
6. Evaluasi
7. Penutup
16. BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah :
1. Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru bisa menunjukkan pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya)
2. Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
3. Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain
4. Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula

17. SNOWBALL THROWING
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan materi yang akan disamapikan
2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk menjelaskan tentang materi
3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyagkut materi yang sudah di jelaskan oleh ketua kelompok
4. Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
5. Setelah siswa mendapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan siswa untuk menjawab pertanyaan yang ditulis kedalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
6. Evaluasi
7. Penutup
18. STUDENT FASILITATOR AND EXPLANING
(siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya)
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin di capai
2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
4. Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan materi yang disajikan
6. Penutup

19. COURSE REVIEW HORAY
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
4. Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa
5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan kalau benar diisi tanda benar (V) dan salah diisi tanda silang (X)
6. Siswa yang sudah mandapat tanda (V) vertikal atau horizontal atau diagonal harus berteriak horay… atau yel-yel lainnya
7. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
8. Penutup

20. DEMONSTRATION
(khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen)
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan TPK
2. Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan
3. Siapkan bahan dan alat yang diperlukan
4. Menunjukkan salah seorang siswa untuk mendemonstrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan
5. Seluruh siswa memperhatikan demonstrasi dan menganalisa
6. Tiap siswa atau kelompok mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa dideomstrasikan
7. Guru membuat kesimpulan

21. EXPLICIT INTRUCTION
(PENGAJARAN LANGSUNG)
(ROSENSHINA & STEVENS, 1986)
Pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan proseduran dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah
Langkah-langkah :
1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan
3. Membimbing pelatihan
4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
5. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan

22. OPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
Kooperatif terpadu membaca dan menulis
(Steven & slavin, 1995)
Langkah-langkah :
1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
2. Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
3. Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacan/kliping dan tulis pada selembar kertas
4. Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
5. Guru membuat kesimpulan bersama
6. penutup

23. INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE
LINGKARAN KECIL-LINKARAN BESAR
OLEH SPENCER KAGAN
Siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan. Pasangan-pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur
Langkah-langkah :
1. Seluruh kelas berdiri membetuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
2. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran diluar lingkaran pertama,menghadap kedalam
3. Para siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi
4. Bertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
5. Kemudian siswa berada di lingkaran kecil dalam di tempat, sementara siswa yang berada dilingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam
6. Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi demikian seterusnya

24. TEBAK KATA
MEDIA :
buat kartu berukuran 10x10 cm dan isilah atau ciri-ciri atau kata-kata lainnya, yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
Buat kartu ukuran 5x2cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi atua diselipkan ditelinga)
Langkah-langkah :
1. Jelaskan TPK atau materi ± 45 menit
2. Suruhlah siswa berdiri didepan kelas dan berpasangan
3. Seorang siswa diberi kartu berukuran 10x10cm yang nanti dibacakan pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5x2cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga
4. Sementara siswa membawa kartu 10x10cm membacakan kata-kata yang tertullis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10x10cm. Jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang di tempelkan di dahi atau ditelinga
5. Apabila jawabannya tepat ( sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung di beri jawabannya.
CONTOH KARTU
• Perusahaan ini tanggung jawabnya tidak terbatas
• Dimiliki oleh satu orang
• Struktur organisasinya tidak resmi
• Bila untung dimiliki, diambil sendiri
NAH…..SIAPA…..AKU?

JAWABNYA :PERUSAHAAN PERSEORANGAN
LATAR BELAKANG TIMBULNYA KOPERASI INDONESIA
KATA KONSEP
Penjajahan UU Kep/stb No 91 tahun 1992
Penderitaan Asas Demokrasi
Kemiskinan Ekonomi Rakyat
Solidaritas Alat distribusi
Organisasi Koperasi Asas Pancasila
Aria Wirya Atmaja UUD 1995 Pasal 23
Bank Penolong & tabungan UU no 12 tahun 1997
Koperasi Simpan Pinjam UU No 25 tahun 1992
Budi Utomo
Serikat Dagang Islam Koperasi Konsumsi
Lanjutan
Tugas
a. Buatlah sekurang-kurangnya lima kalimat menurut pendapatmu sendiri. Secara ringkas harus mencakup paling sedikit 4 kata dari daftar diatas dan setiap kata dapat dipakai berulang-ulang
b. Kerja kelompok
Diskusikanlah kalimat-kalimat anda apabila kalimat anda sudah benar
c. Hasil diskusi kelompok. Didiskusikan kembali untuk mendapatkan kesimpulan

25. WORD SQUARE
MEDIA :
Buat kotak sesuai keperluan
buat soal sesuai TPK
Langkah-langkah :
1. Sampaikan materi sesuai TPK
2. Bagikan lembar kegiatan sesuai contoh
3. Siswa disuruh memjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
4. Berikan point setiap jawaban dalam kotak

Contoh :
T Y E N I O K N
R A U A N K U O
A B A R T E R M
N A N I P R S I
S D G I I T G N
A O N L S A I A
K L A A I S R L
S A C E K B O S
I R I N G G I T
CONTOH SOAL:
1. Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara ….
2. … digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
3. Uang … saat ini banyak dipalsukan
4. Nilai bahan pembuatan uang disebut …
5. Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang disebut nilai ..
6. Nilai perbandingan uang dalam negara dengan mata uang asing disebut …
7. Nilai yang tertulis pada mata uang disebut nilai …
8. Dorongan sesorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut motif …
9. Perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening ke bank untuk membayar sejumlah uang disebut …

26. SCRAMBLE
MEDIA :
• Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan TPK
• Buat jawaban yang diacak hurufnya
Langkah-langkah :
1. Guru menyajikan materi sesuai TPK
2. Membagikan lembar kerja sesuai contoh
Susunlah huruf-huruf pada kolom sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan kolom A


TAKE AND GIVE
MEDIA :
• Kartu ukuran ±10x15cm sejumlah peserta tiap kartu berisi sub materi (yang berbeda dengan kartu yang lainnya) sesuai dengan TPK
• Kartu contoh sejumlah mahasiswa
• CONTOH kartu :


Langkah-langkah :
1. Siapkan kelas sebagaimana mestinya
2. Jelaskan materi sesuai TPK
3. Untuk memantapkan penguasaan tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) ± 5 menit
4. Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasi. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu contoh
5. Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give)
6. Untuk mengevaluasi keberhasilan berikan siswa pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain)
7. Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan
8. Kesimpulan

28. CONSEPTSENTENSE
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru menyajikan materi secukupnya
3. Guru membentuk kelompok yang anggotanya ±4 orang secara heterogen
4. Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan
5. Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat
6. Hasil diskusi kelompok. Didiskusikan lagi secara pleno yang di pandu guru
7. Kesimpulan

29. COMPLETTE SENTENSE
Media : Siapkan blangko isian berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan yang ingin di capai
2. Menyampaikan materi atau peserta disuruh membacakan buku model dengan waktu secukupnya
3. Bentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen
4. Buatkan lembar kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap (lihat contoh)
5. Peserta diharap berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia
6. Diskusikan bersama-sama anggota kelompok
7. Jawaban-jawaban benar yang salah diperbaiki. Tiap peserta disuruh membaca berulang-ulang sampai mengerti atau hapal
8. Kesimpulan

30. TIME TOKEN ARENDS 1998
Struktur yang dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali
Langkah-langkah :
1. Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL)
2. Tiap siswa diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik
a. Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu keadaan
3. Bila telah selesai bicara, kupon yang dipegang siswa diserahkan. Setiap berbicara satu kupon
4. Siswa yang telah habis kuponnya tidak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis
5. Dan seterusnya

31. PAIR CHEKS SPENCER KAGEN 1993
• APA YANG DILAKUKAN?
• BEKERJA BERPASANGAN
Bentuk tim dalam pasangan-pasangan dua siswa dalam pasangan itu mengerjakan soal yang pas sebab semua itu akan membantu melatih
• PELATIH MENGECEK
Apabila partner benar pelatih memberi kupon
• BERTUKAR PERAN
seluruh partner bertukar peran dan mengurangi langkah 1 – 3
• PASANGAN MENGECEK
seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban
• PENEGASAN GURU
guru mengarahkan jawaban/ide sesuai konsep

32. KELILING KELOMPOK
Maksudnya agar masing-masing anggota kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya
Caranya ………?
1. Salah satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang mereka kerjakan
2. Siswa berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya
3. Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan

Tidak ada komentar:

Welcome to my Activity

disini aq nampilin segala macam aktivitasku dan suasana hatiku baik senang, sedih, galau, gundah, gulana dll.

Total Tayangan Halaman