Rabu, 15 Februari 2012

Bimbingan Inkuiri Ilmiah Mata Pelajaran Biologi SMA/MA


LAPORAN
UNIT KEGIATAN MAHASISWA

BIMBINGAN INKUIRI ILMIAH
MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA/MA


OLEH :

Sophia Nirmalida     




PROGAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
2011



Kegiatan ini Dilaksanakan Sebagai Implementasi Inkuiri Ilmiah pada Beberapa Mata Kuliah Biologi Program S1 Pendidikan Biologi


KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat limpahan rahmat, taufik, hidayah serta inayah-Nya sehingga kami dapat menyusun pembuatan laporan Unit Kegiatan Mahasiswa mengenai bimbingan Inkuiri ilmiah pada mata pelajaran Biologi SMA/MA. Tak lupa pula shalawat serta salam kami haturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, para sahabat, keluarga, serta para pengikut beliau hingga akhir zaman.
Adapun tujuan dari pembuatan laporan laporan Unit Kegiatan Mahasiswa mengenai bimbingan Inkuiri ilmiah pada mata pelajaran Biologi SMA/MA ini adalah sebagai implementasi inkuiri ilmiah pada beberapa mata kuliah Biologi Program S1 Pendidikan Biologi.
Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.   Dekan yang telah memberi izin pelaksanaan UKM Himbio ini.
2.   Dinas Pendidikan yang telah memberikan izin pelaksanaan UKM Himbio ini.
3.   Bapak Drs. Dharmono, M.Si selaku kepala prodi pendidikan biologi atas izin pelaksanaan UKM Himbio ini.
4.   Bapak Dr. H. Muhammad Zaini, M.Pd selaku pembina UKM Himbio yang telah membimbing kami dalam pelaksanaan bimbingan ini
5.   Kepala sekolah/Wakil Kepsek SMAN 2 Barabai yang telah memberikan izin kepada kami untuk melaksanakan bimbingan praktikum di sekolah binaan beliau.
6.   Ibu Eni Zakhanah, S.Si sebagai guru pamong yang telah memberi kesempatan dan membantu kami sehingga bisa terlaksana bimbingan praktikum ini
7.   Adik-adik SMAN 2 barabai kelas XII IPA 1 dan XII IPA atas partisipasinya dalam kegiatan bimbingan praktikum ini.
Tiada gading yang tak retak, demikian pula penyusunan laporan ini kami sepenuhnya menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun bagi penyempurnaan laporan ini. Akhirnya kami berharap semoga laporan ini dapat berguna untuk studi yang akan datang dan bagi kita semua. Amin.
                                                                    Banjarmasin,  Januari 2011    
                              

        
                                                                                                       Pelaksana bimbingan

 
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN …………………….………………………………..  i
KATA PENGANTAR ………………………… …………………………….....  ii
DAFTAR ISI …………………………………….………………………….......  iv
ISI
          I.         Latar Belakang ………………………………………………………......  1
       II.         Dasar Pemikiran ………………………….………………………...........  4
    III.         Tujuan Kegiatan ………………………….………………………….......  5
    IV.         Sasaran …………………………………….……………………….........  5
       V.         Tema Kegiatan …………………………….……………………….........  5
    VI.         Manfaat Kegiatan …………………………..…………………................  6
 VII.         Metode Kegiatan ……………………………...………………................  6
VIII.         Waktu dan Tempat Kegiatan …………………....…….............................  6
    IX.         Deskripsi Kegiatan ………………………………..……………..............  6
       X.         Pelaksana Kegiatan ………………………………...………....................  6
PENUTUP …………………………………………………..………...............  7
SARAN ……………………………………………………….............................  7
LAMPIRAN …………………………………………………….……………….  8
Surat Rekomendasi dari Fakultas ..........................................................................  8
Surat Keterangan dari Sekolah.............................................................................  10
Jadwal Kegiatan ..................................................................................................  11
Daftar Hadir Mahasiswa Pelaksana Bimbingan dan Siswa Bimbingan ..............  12
Lembar Kerja Siswa yang Dipakai ......................................................................  18
Laporan Anak ......................................................................................................  23
Foto Kegiatan ......................................................................................................  42

 Judul kegiatan : Bimbingan Inkuiri Ilmiah Mata Pelajaran Biologi SMA/MA

I.       LATAR BELAKANG
Penyajian mata  pelajaran  biologi di SMA/MA diarahkan  dan  dibimbing  untuk mampu menerapkan  kompetensinya  dalam  mengelola  lingkungan  secara  arif.  Di samping  itu  mata  pelajaran  Biologi  mempersiapkan  kemampuan  peserta  didik sehingga dapat mengembangkan program keahliannya pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi.  Permasalahan yang dihadapi manusia sejak dahulu hingga saat ini adalah bagaimana strategi  untuk  tetap  bertahan  hidup.  Oleh  karena  itu  biologi  sebagai  pengetahuan yang mempelajari  tentang  proses  dan  fenomena  kehidupan  di  alam menjadi  sangat penting dipahami oleh peserta didik agar mampu mengharungi kehidupannya dengan sukses hingga ke generasi penerus.
Mata  pelajaran  biologi  bagi  kebanyakan  peserta  didik  identik  sebagai  “sains hapalan”, dan  ini menjadi  tantangan bagi guru untuk memberikan penyajian materi (pembelajaran) yang lebih variatif dan memikat. Walaupun struktur materi biologi itu menuntut  siswa  menghapal,  namun  sesungguhnya  porsi  hapalan  itu  tidak  sebesar porsi  yang menuntut peserta didik untuk melakukan  analisis  yang  sistematis dalam mengulas  setiap  materi.  Hal  tersebut  sejalan  dengan  keniscayaan  bahwa  setiap pembuktian  fakta  biologi  harus melalui  suatu  pengujian  experimental  seperti  yang dinyatakan Pavlop bahwa belajar dan memori  akan berhasil  jika dilakukan melalui “exercise” secara sistematis dan repetitif. (Goodenough, 2000; Carlson, 2004).
Kehidupan  abad  konseptual  menuntut  keseimbangan  kerja  otak  kiri  dan  kanan. Proses  pembelajaran  wajib  memberikan  peluang  kreatifitas  dan  inovasi  untuk berkembang dengan memasukkan unsur art pada setiap proses. Design dan aplikasi yang  mengedepankan  ciri,  watak,  sifat,  dan  karakter  individu  juga  menjadi  hal penting. Perkembangan masyarakat di abad 21
Mata  pelajaran  Biologi  di  SMA/MA  merupakan  kelanjutan  IPA  di  SMP  yang menekankan  pada  fenomena  alam  dan  penerapannya  yang  meliputi  aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Hakikat  biologi,  keanekaragaman  hayati  dan  pengelompokan  makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
2.      Organisasi seluler, struktur  jaringan, struktur dan  fungsi organ  tumbuhan, hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains,  lingkungan, teknologi dan masyarakat
3.      Proses  yang  terjadi  pada  tumbuhan,  proses  metabolisme,  hereditas, evolusi,  bioteknologi  dan  implikasinya  pada  sains,  lingkungan,  teknologi dan masyarakat.
Dari ruang  lingkup di atas dapat diuraikan bahwa obyek biologi  itu mulai dari yang abstrak (materi  genetik)  hingga  yang  konkrit  (organisme),  dan  juga  mulai  dari struktur  yang  sederhana  (sel)  hingga  bentuk  struktur  yang  kompleks.  Disamping struktur materi biolgi,  juga dibahas  fungsi dan proses yang berlangsung pada setiap level  kehidupan. Kumulatif  dari  pengetahuan  kehidupan  yang  komprehensif inilah timbul  gagasan,  ide,  dan  inovasi  untuk mengembangkan  keterampilan  yang  dapat digunakan dalam strategi bertahan hidup di masyarakat. 
Pengetahuan  biologi  yang  ada  saat  ini merupakan  kumulatif  penemuan-penemuan para  ahli  biologi  masa  lalu  yang  kemudian  digunakan  dan  dikembangkan  untuk menjawab berbagai masalah yang timbul di tengah masyarakat. Misalnya penemuan vaksin  anti  rabies,  penanggulangan  epidemi  suatu  penyakit  menular,  semuanya dilakukan melalui proses penelitian yang panjang. Oleh sebab itu dasar-dasar bekerja ilmiah (riset) wajib diberikan pada peserta didik secara dini.
Merujuk  pada  pengertian  IPA  , maka  biologi  sebagai  ilmu meliputi  empat  unsur, yaitu: (1) sikap: rasa ingin tahu tentang obyek, fenomena alam, makhluk hidup, serta hubungan  sebab  akibat  yang  menimbulkan  masalah  baru  yang  dapat  dipecahkan melalui  prosedur  yang  benar;  sains  bersifat  open  ended;  (2)  proses:  prosedur pemecahan  masalah  melalui  metode  ilmiah;  metode  ilmiah  meliputi  pengamatan, penyusunan  hipotesis,  perancangan  eksperimen,  percobaan  atau  penyelidikan, pengujian  hipotesis  melalui  eksperimentasi;  evaluasi,  pengukuran,  dan  penarikan kesimpulan;  (3)  produk:  berupa  fakta,  prinsip,  teori,  dan  hukum;  (4)  aplikasi: penerapan metode/ kerja ilmiah dan konsep biologi dalam kehidupan sehari-hari.
Karakteristik mata  pelajaran  biologi  yaitu  yang menjadi obyek kajian merupakan benda hidup dan proses kehidupan, maka pembelajaran biologi  tetap dilaksanakan melalui pengamatan  dan  eksperimen. Demikian  juga dalam  penilaian,  baik  penilaian  internal  maupun  eksternal  kemampuan  yang dinilai bukan hanya pengetahuan namun juga kerja ilmiah dan attitude dengan tes tertulis.
Pada sistem penilaian di Indonesia, pembelajaran dan penilaian proses diserahkan kepada guru. Sedangkan untuk penilaian nasional dilaksanakan oleh Pemerintah, dalam  hal  ini melalui Ujian  nasional  (UN). Namun  hanya menilai  pengetahuan saja,  Hal  ini  terbukti  dari  SKL  yang  disebarkan  kepada  sekolah  merupakan panduan MATERI dan soal dalam UN lebih banyak menyajikan soal hafalan. Berdasarkan alasan inilah perlu dilaksanakan pengayaan pembelajaran biologi sebagi suplemen kegiatan pembelajaran di kelas melalui pelaksanaan bimbingan inkuiri ilmiah mata pelajaran biologi SMA/MA.
Sekarang sudah terasa ada ketertinggalan di dalam  mutu pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal. Dan hasil itu diperoleh setelah kita membandingkannya dengan negara lain. Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain.
Pendidikan di Indonesia saat ini sedang dalam kondisi yang bisa dikatakan cukup kritis, seperti fasilitas pendidikan belum merata dan protes masyarakat terhadap pelaksaaan dalam nilai akhir yang dilihat dari indeks yang fluktuatif.

II.    DASAR PEMIKIRAN
Adapun dasar pemikiran dari Kami dalam melaksanakan serangkaian kegiatan ini adalah sebagai berikut:
a.          Peran  bakti mahasiswa  selaku mahasiswa pendidikan biologi yang ikut turut serta dalam pengembanga mahasisiwa kami sebagai agen perubahan dalam dunia pendidikan serta turut serta dalam pembangunan pendidikandi Kalimantan Selatan pada khususnya serta Indonesia pada umumnya.

III.  TUJUAN KEGIATAN
Dalam melaksanakan kegiatan ini, kami mempunyai tujuan sebagai berikut ini:
1.        Melaksanakan bimbingan inkuiri ilmiah mata pelajaran biologi SMA/MA di wilayah provinsi Kalimantan Selatan sebagai perwujudan implementasi inkuiri ilmiah pada program S1 Pendidikan Biologi.
2.        Menjadikan kegiatan ini sebagai wadah penyaluran  intelektualitas mahasiswa sehingga turut serta  dalam memberikan kontribusi positif bagi semua kalangan terlebih dunia pendidikan untuk dapat dikembangkan.
3.        Sebagai sarana pengembangan kreatifitas serta optimalisasi pengembangan kemampuan pelajar dan mahasiswa sebagai individu-individu yang handal serta berkualitas didalam sebagai objek dari pendidikan.

IV.     SASARAN
Peserta dalam kegiatan ini adalah sebagian pelajar SMA/MA/sederajat di Kalimantan Selatan pada umumnya. Adapun sasaran yang ingin kami capai dan raih dalam melaksanakan serangkaian kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1.            Semua tujuan yang kami laksanakan dapat terlaksana dengan baik dan bermanfaat baik seluruh pihak yang terlibat dalam serangkaian kegiatan pelajar dan mahasiswa yang menjadi objek peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh.
2.            Dengan adanya kegiatan ini nantinya diharapkan apa yang kita semua inginkan dapat terealisasikan dengan baik dan bermanfaat.

V.        TEMA  KEGIATAN
“Melalui kegiatan ini diharapkan  dapat mengaplikasikan pengetahuan teoritis maupun praktis tentang biologi dan pembelajarannya di kelas”

VI.     MANFAAT KEGIATAN
1.        Sebagai aplikasi inkuiri ilmiah yang diperoleh di jenjang pendidikan S1 Program Studi Pendidikan Biologi.
2.        Membantu para siswa SMA/MA dalam meningkatkan keterampilan proses sains sebagai bagian dari ranah pembelajaran biologi.
3.        Sekolah akan termotivasi meningkatkan pemanfaatan perangkat laboratorium biologi sesuai dengan fasilitas yang mereka miliki.

VII.        METODE KEGIATAN
Unit kegiatan mahasiswa ini dilaksanakan secara partisipasitoris yang digagas oleh mahasiswa program studi pendidikan biologi angkatan 2008.

VIII.     WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Adapun waktu pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
Tanggal                :  Januari 2011
Tempat                 : SMAN 2 Barabai

IX. DESKRIPSI KEGIATAN
Adapun deskripsi kegiatan adalah berupa kegiatan pemberian bimbingan belajar siswa SMAN 2 Barabai dengan memberikan bimbingan praktikum yang dilaksanakan oleh siswa untuk membangun rasa ingin tahu tentang pendidikan sains serta mengembangkan potensi ilmiah siswa yang disusun berdasarkan LKS mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan dari materi biologi yang bersifat konstruktif.

X.    PELAKSANA KEGIATAN
Kegiatan pemberian bimbingan belajar siswa SMAN 2 Barabai dengan memberikan bimbingan praktikum oleh mahasiswa pendidikan biologi yaitu
1.      Baiti Rahmi Nim A1C208207
2.      Henny Aprianti Nim A1C208223
3.      Maya Handayanti Nim A1C208006
4.      M. Ilmi Nim A1C208223
5.      Sophia Nirmalida Nim A1C208010
6.      Sri Megawati Nim A1C208210
PENUTUP
Demikianlah laporan ini kami buat dan sampaikan. Adapun setelah melaksanakan kegiatan bimbingan inkuiri ilmiah ini kami merasakan pengalaman yang sangat berharga, yang sebelumnya belum kami dapatkan karena selain ikut belajar juga semestinya bisa menghadapi siswa, mengelola kelas dan membimbing mereka dalam praktikum. Ucapan terima kasih kepada Dekan dan Kepala Prodi atas rekomendasinya sehingga kegiatan ini dapat berlangsung. Ucapan terima kasih juga terhantur kepada Kepala Sekolah SMAN 2 barabai dan Ibu Eni Zakhanah, S.Si atas kesediannya menerima kami di sekolah SMAN 2 barabai untuk melaksanakan kegiatan ini.
SARAN
Adapun dalam pelaksanaan bimbingan ini sudah berjalan dengan lancar. Alangkah baiknya bila bimbingan ini diteruskan dan ditingkatkan lagi. Namun tak ada gading yang tak retak, maka untuk perbaikan dan kemajuan ke depannya. Kami berharap waktu untuk bimbingan inkuiri ilmiah ini diperpanjang lagi. Sehingga bimbingan inkuiri ilmiah dapat dilaksanakan lebih banyak pertemuan guna semakin melatih mahasiswa mencapai tujuan yang diharapkan.
Ucapan terima kasih tak lupa kami sampaikan kepada pembimbing kegiatan inkuiri ilmiah ini yakni  Bapak Dr. H. Muhammad Zaini, M.Pd selaku pembina UKM Himbio yang telah membimbing kami dalam pelaksanaan bimbingan ini serta panitia-panitia yang banyak meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya demi terlaksananya kegiatan ini. Untuk kedepannya kami berharap kepada pihak panitia untuk mempersiapkan lebih awal mengenai berkas surat menyurat dan sebagainya guna kelancaran administrasi pada kegiatan berikutnya.
 
DAFTAR SEKOLAH YANG DITUJU DALAM BIMBINGAN INKUIRI ILMIAH OLEH MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2008
 
NO
NAMA SEKOLAH
1
SMA NEGERI 1 AMUNTAI
2
SMA NEGERI 3 BANJARBARU
3
MAN 2 MARTAPURA
4
SMA NEGERI 4 BANJARMASIN
5
SMA NEGERI 13 BANJARMASIN
6
SMA NEGERI 1 SUNGAI TABUK
7
SMA NEGERI 6 BANJARMASIN
8
SMA PGRI 4 BANJARMASIN
9
SMA SABILAL MUHTADIN BANJARMASIN
10
SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
11
SMA NEGERI 1 ALALAK
12
SMA NEGERI 1 BARABAI
13
SMA NEGERI 2 BARABAI
14
SMA NEGERI 1 TAMBAN
15
SMA NEGERI 2 KOTABARU


JADWAL KEGIATAN
No.
Hari/tanggal
Jam
Kegiatan
Kelas
1.
Jum’at
28 Januari 2011
14.00-17.00
Praktikum Fotosintesis
XII IPA 1


14.00-14.10
14.10-14.20
14.20-14.30
14.30-16.30
16.30-17.00
Pembukaan dan perkenalan
Pengarahan praktikum
Persiapan
Praktikum
Kesimpulan dan penutup

2.
Sabtu
29 Januari 2011
14.00-17.00
Praktikum Genetika
XII IPA 2


14.00-14.10
14.10-14.20
14.20-14.30
14.30-16.30
16.30-17.00
Pembukaan dan perkenalan
Pengarahan praktikum
Persiapan
Praktikum
Kesimpulan dan penutup

3.
Senin
30 Januari 2011
14.00-17.00
Praktikum Pengenalan hewan invertebrata
XII IPA 2


14.00-14.10
14.10-14.20
14.20-14.30
14.30-16.30
16.30-17.00
Pembukaan dan perkenalan
Pengarahan praktikum
Persiapan
Praktikum uji makanan
Kesimpulan dan penutup

 Jum’at/28 Januari 2011 (Kelas XI IPA 1)
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
PENGARUH CAHAYA DAN CO2 TERHADAP FOTOSINTESIS

I.              TUJUAN         
-       Untuk mengamati pengaruh cahaya dan CO2 terhadap  pembentukan O2 pada Proses Fotosintesis.
-       Untuk mengetahui pengaruh CO2 terhadap fotosintesis

II.           ALAT DAN BAHAN
Alat:
1.        Beaker gelas
2.        Corong kaca
3.        Pipet tetes
4.        Tabung reaksi
5.        Kawat
Bahan:
1.        Tanaman Hydrilla verticillata yang segar
2.        Larutan 0,5 % NaHCO3
3.        Larutan 0,5 % KHCO3
4.        Air

 

III.        CARA KERJA
1.      Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
2.      Memasukkan beberapa Hydrilla verticillata yang telah disediakan ke dalam corong kaca.
3.      Memasukkan corong kaca (1) ke dalam beaker gelas yang berisi air dengan posisi corong menghadap ke bawah.
4.      Menutup bagian atas corong dengan tabung reaksi yang berisi air dalamkeadaan terbalik (di dalam bak berisi air)
5.      Menandai masing-masing perlakuan dengan tabel A, B, C, D, E, dan F dimana :
A.       Perlakuan air dan diletakkan di tempat terang (ada cahaya)
B.       Perlakuan air dan diletakkan di tempat gelap (tidak ada cahaya)
C.       Perlakuan air diberi larutan NaHCO3 (3 tetes) dan diletakkan di tempat terang (ada cahaya)
D.       Perlakuan air diberi larutan NaHCO3 (3 tetes) dan diletakkan di tempat gelap (tanpa cahaya)
E.        Perlakuan air diberi larutan KHCO3 (3 tetes) dan diletakkan di tempat terang (ada cahaya)
F.        Perlakuan air diberi larutan KHCO3 (3 tetes) dan diletakkan di tempat gelap (tanpa cahaya)

 IV.        TEORI DASAR

Tumbuhan tingkat tinggi pada umumnya tergolong pada organisme autotrof, yaitu golongan makhluk yang dapat mensintesis sendiri senyawa-senyawa organik yang dibutuhkannya. Senyawa organik yang baku adalah  rantai karbon yang dibentuk oleh zat hijau dari proses fotosintesis. Dalam proses ini energi radiasi diubah menjadi energi kimia dalam bentuk ATP dan NADPH + H yang selanjutnya digunakan untuk mereduksi CO2 menjadi glukosa. Glukosa yang dihasilkan bila tidak segera diangkut akan mengalami kondensasi menjadi amilum yang disimpan dalam plastida. Pigmen daun sebenarnya terdiri dari beberapa jenis yaitu klorofil a, klorofil b, dan karotenoid. Pigmen inilah yang berfungsi untuk menyerap cahaya matahari tenaga eksitasi yang diperoleh klorofil digunakan untuk memecah molekul air menjadi hydrogen dan oksigen yang dibebaskan ke atmosfer dan peristiwa ini disebut peristiwa fotolisis air.

V.           BAHAN DISKUSI
1)           Mengamati perubahan yang terjadi selama 10 menit, 20 menit dan 30 menit.
2)           Membuat grafik hasil pengamatan.
3)           Apa fungsi CO2 pada proses fotosintesis?
4)           Apa fungsi pemberian larutan NaHCO3 dan KHCO3 pada proses tersebut?

 HASIL PENGAMATAN

B. Tabel Perlakuan dengan Medium Air/+ KHCO3/+ NaHCO3
No
Medium
Tempat
Perubahan Gelembung
10’
20’
30’
1.
Air
Terang
Gelap





2.
Air + KHCO3
Terang
Gelap



3.
Air + NaHCO3
Terang
Gelap




PEMBAHASAN

 
FOTO KEGIATAN






 
Sabtu/29 Januari 2011(Kelas XII IPA)
LEMBAR KERJA SISWA
PERSILANGAN DUA INDIVIDU DENGAN SATU TANDA BEDA

I.         TUJUAN           
Menentukan perbandingan fenotif dan genotif pada persilangan dihibrid ( dua sifat beda )

II.      ALAT DAN BAHAN   
1.         Kancing berwarna merah 100 biji ( B )
2.         Kancing berwarna putih 100 biji ( b )
3.         Kancing berwarna kuning 100 biji 9 ( K )
4.         Kancing berwarna hijau 100 biji ( k )
5.         Dua buah wadah

III.   CARA KERJA
1.         Meletakkan model gen merah dan model gen putih pada wadah A dan model gen kuning dan model gen hijau pada wadah B masing-masing 50 biji!
2.         Menandai wadah A sebagai induk jantan dan wadah B sebagai induk betina 
3.         Dalam masing-masing wadah A dan B, mengabungkan model gen ; B dan K sehingga gamet BK sebanyak 25 buah, B dan b sehingga gamet Bb sebanyak 25 buah, Kk dan m sehingga gamet mh sebanyak 25 buah!
4.         Mengocok wadah A dan B isinya campur baur !
5.         Denngan menutup mata, mengambil acak model dari wadah A dan dari wadah B masaing-masing satu batang, memperhatikan model gamet yang terambil kemudian catat koe rangkaian model gamet dalam tabel !

 
IV.   HASIL PENGAMATAN
Tabel pengamatan
Fenotif
Genotif
Tabulasi
Jumlah
Rasio Fenotif
Bulat Kuning
BBKK



BbKK


BBKk


BbKk


Bulat Hijau
BBkk



Bbkk


Kisut Kuning
bbKK



bbKk


Kisut Hijau
bbkk



TOTAL



V.      BAHAN DISKUSI
  1. Bagaimana perbandingan fenotif dan genotif pada persilangan dihibrid dari hasil pengamatanmu?
  2. Kesimpulan apalah yang dapat Anda peroleh dari persilangan monihibrid diatas?
  
SOAL DAN JAWABAN EVALUASI

Soal
  1. Sebutkan pengertian persilangan monohibrid dan dihibrid beserta salah satu contohnya dalam kehidupan sehari-hari !
  2. Buktikan hukum Mendel pada contoh dibawah ini yang menyatakan 
    perbandingan 9 : 3 : 3 : 1 pada induk BBKK  dan  bbkk  dengan perkalian        silang !

Jawaban
  1. – Persilangan monohibrid adalah persilangan dua individu dengan satu sifat beda
  Persilangan dihubrid adalah persilangan antara dua individu sejenis yang melibatkan dua sifat beda, misalnya persilangan antara tanaman ercis berbiji bulat dan berwarna hijau dengan tanaman ercis berbiji kisut dan berwarna cokelat; padi berumur pendek dan berbulir sedikit dengan padi berumur panjang dan berbulir banyak

    2.
P1                    :           BBKK        X          bbkk
Fenotipe          :    (bulat - kuning)        (kisut - hijau)
Gamet             :          BK                         bk                    
         
           BK                             bk             
F1           :                      BbKk
Fenotipe          :               (bulat - kuning)
P2         :           F1              X               F1
                      BbKk                         BbKk
Fenotipe          :  (bulat - kuning)         (bulat - kuning)
Gamet             :  BK, Bk, bK, bk  X     BK, Bk, bK, bk       


        
BK
Bk
bK
bk
BK
BBKK
                  1
        BBKk
                    2

BbKK
               3
BbKk
               4
Bk
BBKk
                  5

BBkk
               6
BbKk
               7
Bbkk
              8
bK
BbKK
                9
BbKk
              10
bbKK
               11
bbKk
             12
Bk
BbKk
             13
Bbkk
              14
bbKk
               15
Bbkk
             16

















Senin/30 Januari 2011(Kelas XII IPA)
LEMBAR KERJA SISWA  (LKS) 1

Standar Kompetensi Lulusan:
Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan.
Indikator:
Mendeskripsikan daur hidup Invertebrata.

PRAKTIKUM
PENGENALAN HEWAN INVERTEBRATA

I.         TUJUAN
Untuk mengenal ciri-ciri pokok beberapa spesies hewan Invertebrata.

II.      ALAT DAN BAHAN
Alat      :           1.   Bak parafin dan potongan kaca
                        2.   Loupe
                        3.   Pinset
Bahan   :           1.   Cacing tanah
                                2.   Bekicot
                        3.   Kecoa
                        4.   Belalang
                        5.   Semut Merah
                        6.   Udang

III.   CARA KERJA
1.  Untuk Cacing tanah
a.    Carilah cacing tanah pada habitat: tanah basah, dekat selokan, sawah, dibawah kandang kambing atau lainnya. Menyimpan dengan tanahnya pada tempat yang  aman (agar tidak keluar).
b.    Ambillah l satu ekor cacing tanah dan meletakkan di bak parafin, mengamati cara gerak dan cara makannya.
c.    Gambarlah dan beri keterangannya.
2.  Untuk Bekicot
a.    Carilah hewan ini di kebun, di sawah, di pohon ataupun di tumpukan batu yang lembab. Biasanya hewan ini aktif pada waktu malam sampai pagi hari (gelap). Simpan di tempat yang sesuai dengan makanannya yang biasanya berupa sampah/serasah.
b.    Ambillah seekor dan tempatkan pada potongan kaca. Amati dari bagian bawah kaca, bagaimana gerakan otot-ototnya, arah gerakan dan lainnya.
c.    Gambarkan seekor bekicot dan lengkapi dengan keterangannya.
3.  Untuk Kecoa
a.    Carilah hewan ini di tempat seperti: tumpukan serasah, di dapur, di lemari tempat bambu, di kamar kecil, tempat lembab atau kotor.
b.    Ambillah kecoa ditempat-tempat seperti: ditumpukkan serasah, di dapur, di lemari, tempat bambu, di kamar kecil, tempat lembab atau kotor.
c.    Ambillah seekor kecoa, letakkan di bak parafin dan tusuk dengan jarum. Amati bagian-bagian tubuhnya.
d.   Gambarlah dan lengkapi dengan keterangannya.
4.  Untuk Belalang
a.    Carilah hewan ini disekitar pohon atau rumput-rumputan atau di sawah.
b.    Ambillah seekor belalang, letakkan di bak paraffin dan tusuk dengan jarum. Amati bagian-bagiannya.
c.    Gambarlah dan lengkapi dengan keterangannya.
5.  Untuk Semut Merah
a.    Carilah hewan ini disekitar pohon, dilantai, atau di tempat lembab.
b.    Ambillah seekor belalang, letakkan di bak paraffin dan amati bagian-bagiannya.
c.    Gambarlah dan lengkapi dengan keterangannya.
6.  Untuk Udang
a.    Carilah hewan ini dipasar atau di supermarket.
b.    Ambillah seekor belalang, letakkan di bak paraffin amati bagian-bagiannya.
c.    Gambarlah dan lengkapi dengan keterangannya.
7.  Dikusikan masalah berikut:
a.    Bagaimana perbedaan morfologi spesies-spesiesnya tersebut dihubungkan dengan habitatnya masing-masing?
b.    Termasuk kedalam kelas apa hewan yang tersebut?
c.    Bagaimana ciri-ciri dari kelas tersebut?

IV.   HASIL PENGAMATAN         
Tabel Hasil Pengamatan
No
Nama Spesies
Gambar
Keterangan
1
Cacing tanah




2
Bekicot




3
Kecoa




4
Belalang




5
Semut Merah




6
Udang




 
















Tidak ada komentar:

Welcome to my Activity

disini aq nampilin segala macam aktivitasku dan suasana hatiku baik senang, sedih, galau, gundah, gulana dll.

Total Tayangan Halaman